Tuesday, September 3, 2019

Memperoleh Sertifikat Menulis (Id Menulis) Resmi dari Ristekdikti

Pada kesempatan kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya memperoleh sertifikat Indonesia Menulis (Id Menulis). Sebagai informasi, bahwa program Id Menulis ini merupakan hasil kerjasama dari Ristekdikti dan Ruang Guru melalui aplikasi ruang kerja. Program ini diluncurkan bertepatan dengan Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 24 tahun 2019.

Mengutip Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset Muhammad Dimyati, dalam antaranews.com bahwa program id menulis ini ditujukan untuk mendorong peningkatan kualitas karya ilmiah Dosen dan Peneliti di Indonesia.  Mengingat publikasi merupakan salah satu kewajiban dosen dan peneliti.  Dengan adanya Id Menulis ini diharapkan penulisan karya ilmiah Indonesia akan semakin termonitor perkembangannya.

Pengalaman saya mengikuti program ini terasa cukup menyenangkan karena disini kita dapat belajar dari para ahli dalam bidang kepenulisan ilmiah yang dilakukan secara online melalui aplikasi ruang kerja yang dapat di download langsung di google playstore. Agar dapat lulus passing grade (nilai hasil ujian lebih dari atau sama dengan 70) peserta harus mengikuti materi kuliah online sebanyak 15 materi dengan dua kali test, pre test (sebelum mengikuti materi) dan post test (setelah menyelesaikan materi). Topik yang disampaikan berkaitan dengan:
  1. Pengantar tentang menulis ilmiah, 
  2. Etika publikasi, 
  3. Publikasi di era digital, 
  4. Gaya selingkung jurnal, 
  5. Struktur artikel jurnal, 
  6. Judul dan kepengarangan, 
  7. Tata cara menulis pendahuluan, 
  8. Tata cara menulis metode, 
  9. Tata cara menyajikan hasil, 
  10. Tata cara menulis pembahasan, 
  11. Tata cara menulis simpulan,
  12. Tata cara mengelola sumber pustaka.
Setelah menyelesaikan semua materi diatas, peserta akan diwajibkan mengikuti post test. Post test ada sebanyak 20 soal, berisi pertanyaan-pertanyaan dari materi yang pernah disampaikan. Jika lolos dan memenuhi passing grade maka akan mendapatkan sertifikat resmi seperti yang saya dapatkan berikut:

Sertifikat Menulis dari Ristek Dikti (Id Menulis)
Sertifikat Menulis dari Ristek Dikti (Id Menulis) dan Ruang Guru
Selain mendapatkan sertifikat, peserta juga dapat mengetahui peringkat berdasarkan hasil nilai passing grade. Untuk peringkat 3 besar akan mendapatkan tanda bintang emas, perak, dan perunggu. Prestasi saya sewaktu artikel ini ditulis adalah peringkat 2 dari 51 peserta, serta mendapatkan Bintang Perak.

Peringkat saya di Id Menulis
Demikian artikel saya kali ini mengenai "Memperoleh Sertifikat Menulis (Id Menulis) Resmi dari Ristekdikti" semuga menjadi inspirasi. Jika ada kesempatan lain, saya akan membagikan artikel-artikel tentang kursus online lainya yang sangat penting bagi peningkatan kemampuan Anda. Terimakasih...

Untuk mengenal Riset Kuantitatif lebih dalam disini.

1 comment:
Write komentar