Friday, April 1, 2022

Cara Menambahkan DOI secara Otomatis di Daftar Pustaka

Digital Object Identifier (DOI) merupakan alamat unik sebagai pengenal suatu dokumen elektronik yang bersifat permanen. Berbeda dengan ISSN yang digunakan sebagai pengenal Jurnal, DOI justru digunakan sebagai alamat unik untuk setiap artikel atau makalah yang diterbitkan secara online. Terbitan ilmiah atau jurnal yang kredibel tentu sudah pasti memiliki DOI untuk pengenal pada setiap artikel yang diterbitkan, sebagai contoh beberapa penerbit jurnal papan atas seperti IEEE, Springer Link, Elsevier Groups, Taylor & Frances, dan Jhon Wiley & Sons dan lain sebagainya.

Ilustrasi, sumber: Pixabay

Terkadang, jurnal juga mewajibkan mencantumkan DOI untuk setiap sumber referensi yang dipakai penulis dalam daftar pustaka.
 Akan tetapi, belum semua penulis familiar dengan DOI, serta bagaimana cara mencantumkan DOI tersebut pada daftar pustaka. 
Oleh karena itu, dalam postingan kali ini saya bermaksud memberikan sedikit tutorial cara mencantumkan DOI. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka tautan crossref disini 
2. Selanjutnya akan terdapat tampilan kotak dialog dari crossref sebagai berikut:

Menambahkan DOI secara Otomatis di Daftar Pustaka


3. Langkah ketiga, masukan daftar pustaka yang akan anda cantumkan DOInya pada kotak dialog dibawah. Pastikan gaya sitasi sudah benar! 
 Pelajari cara mudah sitasi dengan google scholar disini.

Menambahkan DOI secara Otomatis di Daftar Pustaka

4. Klik sumbmit pada tombol di bawah kotak
5. Tunggu sebentar ...
6. Kemudian, hasilnya adalah daftar pustaka anda yang sudah lengkap dengan nomor DOI yang sudah tercantum. Contohnya di bawah ini.

Menambahkan DOI secara Otomatis di Daftar Pustaka


6. Kemudian kopi hasil diatas untuk dimasukan ke daftar pustaka pada artikel anda.

Demikian tata cara Menambahkan DOI secara otomatis di daftar pustaka, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba ...

No comments:
Write komentar