Sunday, July 14, 2019

Pantai Banyu Tibo, Mahakarya Sang Pencipta

Pantai Banyu Tibo
Air Terjun Grojokan di Pantai Banyu Tibo, Foto by Wododo Adi Sugito

Tanggal 18 Desember 2017 saya mendapatkan foto kiriman dari sahabat saya Mas Widodo Adi Sugito yang juga diposting di Grup Pecinta Objek Wisata Gunungkidul. Saat saya perhatikan, ternyata foto ini adalah penampakan salah satu pantai alami yang sangat indah di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saya merasa sudah cukup banyak menjelajahi pantai-pantai di daerah itu (Gunungkidul). Akan tetapi, begitu melihat ciri-ciri pantai yang terpampang indah dalam foto tersebut, ternyata saya tidak mengenalinya sama sekali. Hanya decak kekaguman yang mampu saya ucapkan. Ya Tuhan..., begitu indah Pantai ini, hasil mahakarya-Mu, Sang Pecipta sejati dari semesta.

Namanya Pantai Banyu Tibo (kata Mas Widodo). Dalam foto yang di posting, Mas Widodo juga menambahkan komentar “Ayo Mas kita ekplore kesini.” Mengajak eksplorasi ke destinasi wisata alami yang belum terjamah tersebut. Seperti pekerjaan biasanya dari para aktifis komunitas Pecinta Objek Wisata Gunungkidul di kala waktu luang.

Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo, Foto by Wododo Adi Sugito
Pengin sekali segera menjelajahi pantai ini, bercumbu mesra dengan ombak sambil memanjakan diri melihat kilau birunya laut selatan. Akan tetapi waktu belum berpihak kepada saya. Karena ketika artikel ini saya tulis, saya masih memiliki kewajiban berkerja di Kota Bandung yang belum dapat saya tinggalkan.

Walaupun saya peribadi belum pernah melihatnya secara langsung, namun saya merasa memiliki kewajiban untuk membagi kecantikan Negeri ini kepada pengujung setia blog saya. Bagi saya, Mengenalkan keindahan negeri adalah sebagai wujud Nyata dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan kebanggan daerah.

Oleh karena itu saya mencoba untuk mencari tahu di Internet dari para travel writer lain yang barang kali pernah lebih dahulu mengunjungi pantai Banyu Tibo ini. Dan akhirnya, saya menemukan salah satu blog bagus yaitu www.yogyalagi.com. Yah ternyata saya kalah update hehehe....

Pantai Banyu Tibo
Keindahan Pemandangan di Pantai Banyu Tibo, Foto by Wododo Adi Sugito
Berdasarkan informasi, nama Pantai Banyu Tibo berasal bermula dari adanya air terjun di kawasan ini. Pantai ini berada satu daerah dengan Pantai Siung sebelum Bukit Pengilon yaitu di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Aksebilitas untuk berkunjung di pantai yang tergolong perawan ini belum tersedia, akses satu-satunya adalah melalui pantai siung. Jika anda tertarik mengujunginya, Anda dapat memarkir kerndaraan di Pantai Siung kemudian melanjutkan berjalan kaki melewati jalan setapak. Dari Pantai Siung silahkan naik ke Bukit Sunset Pantai Siung yang berada di sebelah timur terlebih dahulu dan setelah sampai di puncak paling atas nanti akan ada papan petunjuk arah untuk menuju ke Pantai Banyu Tibo dan Bukit Pengilon. Namun, Anda memang harus mempersiapkan stamina dan berhati - hati untuk menaiki Bukit Sunset tersebut karena memang cukup tinggi. Jaraknya memang masih agak jauh sekitar 300 m, namun selama perjalanan kita bisa menikmati pemandangan yang benar - benar indah dari atas bukit tersebut. Nanti kita akan bertemu papan petunjuk lagi dan ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Air Terjun Grojogan Banyu Tibo yang berada di bawah. Jika ingin menuju ke Bukit Pengilon kita masih harus berjalan lagi namun jika ingin ke Pantai Banyu Tibo harus turun melewati jalan kecil dan harus berhati - hati karena memang cukup curam.

Air Terjun Grojokan
Pantai Banyu Tibo, Foto by Wododo Adi Sugito
Sesampainya dilokasi, Anda akan disuguhi keindahan lukisan lansekap pantai alami yang sangat indah. Dengan diapit beberapa tebing curam yang sangat indah. Anda akan juga akan dibuat takjub oleh indahnya air terjun yang jernih dan segar, Air Terjun Grojokan namanya. Memang jika tidak dimusim hujan airnya tidak terlalu deras namun tetap indah untuk dinikmati. Anda bisa bermain air disini, juga dapat berselfy ria dengan latar belakang pemandangan yang elok. Namun sekali lagi wajib untuk berhati - hati karena batu - batunya juga cukup licin. Silahkan coba untuk mengunjunggi Pantai Banyu Tibo Gunungkidul dan menikmati anugerah Tuhan yang indah dan tak akan pernah ada habisnya. Selamat Berlibur.

Pesan dari saya : Be carefull, Jaga alam dengan tidak membuang sampah dan kegiatan yang merusak lainya.

Salam pariwisata ....

No comments:
Write komentar