Sunday, July 14, 2019

Pesona Pantai Sundak Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Sundak Kabupaten di Gunungkidul D.I.Yogyakarta
Foto by : http://titik0jogja.blogspot.co.id/2014/11/jalur-kepantai-sundak-wonosari-yogyakarta.html
Pantai Sundak merupakan pantai yang sangat-sangat berkesan untuk saya pribadi. Menulis artikel untuk menceritakan pantai ini disini merupakan suatu moment yang sangat emosional bagi saya, hehe. Artikel ini saya tulis secara flash back, dengan menghadirkan kembali kepingan-kepingan memori di masa lalu untuk dirangkai kembali menjadi bait-bait kata, karena terakhir kali saya berkunjung ke pantai ini pada tahun 2015 lalu J.

Pantai Sundak sangat spesial bagi saya pribadi, karena Pantai sundak merupakan pantai yang pertama kali saya kunjungi dalam cerita perpantaian dalam hidup saya. Tepatnya tidak ingat, tetapi saya masih inget awal mula berkunjung ke Pantai ini pada saat masih SD, mungkin sekitar pertengahan tahun 90an.

Piknik di era zaman plaistosen, eh lebay...
Batapa penasaran dan sangat dag, dig, dug, apakah, bagaimana sih itu rupa dan bentuk pantai itu? For your information, disingkat FYI : Jamanku kecil belum ada yang namanya android guys,,, tak ado yang namanyo olnline-onlinen macam tu, jadi semua yang belum pernah dilihat hanya hadir dalam alam imajinasi...., Sekarang aja anak baru jeger udah bisa browsing internet via mbah google, ngiridotcom... LL

Berangkat berdua dengan semangat 45 bersama ayahandaku tercinta (semuga dikaruniai kesehatan dan rejeki yang berkah, amin!!), saat itu saya masih duduk di depan, diapit dibelakang stang dengan motor bebek Astrea 70. Bisa dibayangkan kan ya,,, betapa kecil saya waktu itu hehe. Dalam fikiran “kok gak sampai-sampai bagaimana sih rupa tu pantai.”

Perjanalan selama 2 jam diliputi penasaran akhirnya sampailah di daerah Tepus Gunungkidul, medekati area pantai, walau belum terlihat itu pantai, tetapi sudah tercium aroma garam dengan desir-desir lirih terdengar ombak disertai sejuknya udara dari laut selatan. Seakan alam pantai memanggil dan mengucapkan selamat datang “Welcome to your imagination, and welcome to your dreamland.” Dan benar saja, batapa sangat kagum ketika pertama kali melihat garis batas cakrawala laut selatan yang membiru diapit pegunungan kars. Betapa sungguh sebuah mahakarya lukisan Tuhan YME yang tak tertandingi. Dan itu bukan mimpi, bukan lagi sebuah imajinasi. That is true paradisse!!!

Pantai sudak waktu itu masih berbentuk pantai perawan dan belum terjamah, rona laut yang jernih dan membiru dengan pasir putihnya begitu masih terekam kuat dalam memori. Di sekitar  pasir pantai adalah kangkung laut yang hidup di dalamnya sebagai habitat kepompong, atau komang, hewan laut yang sering dipakai sebagai mainan anak. Bercanda dengan hewan ini sangat mengasikan, hewan yang sangat pemalu, segera ngumpet jika kita memperhatikanya.

Pantai Sundak dahulu bukanlah yang sekarang, dalam artian kealamiahanya. Akan tetapi, saya masih meyakini karisma dan keelokanya belumlah pudar. Pantai yang bersebelahan dengan pantai Ngandong ini sekarang masih menjadi salah satu primadona wisata pantai di Gunungkidul.

Baru tahu beberapa waktu lalu, bahwa nama pantai sudak konon berasal dari cerita perkelahian dua hewan berkaki empat Asu (anjing) dan Landak. Sehingga dikenal akronim Sundak, yang menjadi nama tenar dari Pantai yang memiliki laut sedalam 20 sampai 30 meter ini. Pantai Sundak juga menghadirkan keunikan berupa goa karang setinggi 12 meter yang didalamnya memiliki sumber mata air tawar alami yang mengalir sejak tahun 1930 akibat proses geologi.

Seiring ketenaran pantai ini, bangunan satu persatu mulai hadir dikawasan pantai untuk medukung pariwissata. Jasa Pelayanan wisata juga mulai bayak disediakan masyarakat lokal, mulai dari restoran, sewa payung hingga sarana toilet. Pada hari libur suasana menjadi lebih meriah dengan hadirnya panggung hiduran rakyat musik dangdut....
Berkunjunglah kesini dan dapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Pantai ini akan selalu menanti Anda.

Penting : Jangan Buang Sampah sembarangan, jaga kelestarianya dengan tidak menjarah satwa maupun aset alami disana, terakhir belilah cinderamata dan produk lokal sebagai bentuk suport untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi lokal di daerah.


Baca juga artikel tentang pantai-pantai unik di Gunungkidul dengan Klik Disini

No comments:
Write komentar