Sunday, July 14, 2019

Panduan Berwisata Pantai di Yogyakarta


Seperti umum diketahui bahwa kawasan geografis Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y) terletak di bagian pinggir selatan Pulau Jawa. Dengan kondisi demikian, tidak heran bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki garis pantai yang panjang dan sangat indah. Bahkan sebagian besar telah menjadi daya tarik wisata andalan bagi pariwisata daerah.
Selain destinasi wisata pantai yang sudah sangat terkenal, contohnya Pantai Parangtritis. Sebenarnya masih banyak surga-surga tersembunyi, atau pantai-pantai indah yang belum banyak diketahui wisatawan. Terutama oleh wisatawan yang berasal dari luar daerah. Bahkan, penduduk asli Yogyakarta-pun juga masih banyak yang awam dengan nama-nama dastinasi wisata pantai baru yang akhir-akhir ini bermunculan. Maka, jika ada banyak pertanyaan dari calon wisatawan dari daerah lain, saya sendiri sebagai warga asli Yogyakarta terkadang masih bingung unntuk menjawabnya, misalnya “Mas,untuk menuju pantai A caranya bagaimana ya, saya mau berwisata ke Jogja nih?” atau yang lebih gampang “Mas Pantai A itu letaknya dimana ya?”... jawabnya saya biasanya “Ehms anu”, “itu...” “wah saya sendiri juga kurang tau e mbak....eh.” Mungkin begitulah terkadang problematika kita menjawab interogasi calon wisatawan yang lagi niat-niatnya berwisata ke Jogja hehe...
Berawal dari banyaknya pertanyaan serupa dari rekan saya di Berbagai daerah mengenai wisata di Yogyakarta, maka artikel blog kali ini saya tulis sebagai panduan persiapan berwisata secara mandiri bagi Anda calon calon wisatawan di Yogyakarta yang merindukan keindahan pantai Yogyakarta. Atau bagi Anda penduduk asli Yogyakarta yang ingin sedikit membantu dalam memberikan panduan berwisata pantai di Yogyakarta.
Yogyakarta memiliki 5 Kabupaten/Kota Madya diantaranta : Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo. Akan tetapi, jika berbicara pantai maka sebaiknya perhatian kita kita fokus kepada 3 kabupaten berikut :  Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Bantul, karena hanya ketiga kabupaten diatas yang memiliki kawasan pantai.

Kabupaten Gunungkidul
Kabupaten Gunungkidul merupakan kabupaten terluas di Yogyakarta dengan Wonosari sebagai ibu kotanya. Kabupaten ini berbtasan dengan Provinsi Jawa Tengah di Utara dan Timu, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman menjadi batas barat. Sedangkan di selatan dibatasi oleh Samudera Hindia.
Oleh karena itu, kabuoaten ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Keindahan dan keunikan utama dari pantai-pantai di Gunungkidul adalah ciri khas pasir pantainya yang mayoritas berwarna putih bersih, beberapa pantai berwarna merah bata, hingga kuning. Ciri khas lainya adalah perpaduan lansekap keindahan pantai yang diapit dua bukit kapur atau kars yang masih alami. Serta beberapa yang memiliki muara sungai air tawar dari dalam goa-goa kars seperti di Pantai Baron. Ciri lain dari pantai disini adalah ombaknya yang sedikit ramah utuk sekedar bermain ombak, beberapa daerah juga dapat digunkan untuk menyelam/ snorkling, mengingat daya tarik fauna laut dipantai ini sangat kaya dan indah seperti: ikan laut, komang, bintang laut, bulu babi, koral dan lain sebagainya.
Karakteristik Pantai di Gunungkidul
Di Gunungkidul juga masih terdapat pantai-pantai perawan yang tersembunyi dan belum terjamah oleh kegiatan ekonomi manusia, tentunya akan sangat menantang bagi wisatawan yang berjiwa adventure, serta  para pecinta alam. Dalam teori pengembangan wisata pantai, dengan keindahan daya tarik diatas maka saya rasa pantai di Gunungkidul ini masuk kedalam grade A. sangat recomended...
Untuk mencapai destinasi-destinasi wisata pantai di gunung kidul secara umum dapat dijangkau dari Kota Yogyakarta. Menggunakan motor/mobil pribadi, atau travel elf menuju wonosari. Jalur paling mudah : Jogja ke Jalan Wonosari, melewati terminal induk masuk arah pantai ikuti plang. Atau naik angkutan umum : Yogya (dari terminal giwangan ke wonosari, dari wonosari ke Paliyan.
Untuk penginapan dapat menggunakan penginapan-penginapan, atau homestay yang terdapat di pantai-pantai utama seperti Pantai Kukup, Krakal, Baron dll.
Untuk waktu keseluruhan menikmati seluruh pantai-pantai di sekitar Gunungkidul saya rekomendasikan untuk mengalokasikan waktu libur anda antara 3 sampai 4 hari. Saya anjurkan juga bawa jaket, karena kawasan ini kalau malam sangat dingin, serta bawalah obat-obatan pribadi Anda dari rumah.
NB: tidak semua pantai lain di gunungkidul tersedia sarana wisata, karena beberapa masih sangat-sangat alami. Namun inilah sisi keistimewaanya bagi Anda petualang sejati yang rindu kemewahan alam yang alami....

Kabupaten Kulonprogo
Kabupaten Kulonprogo merupakan Kabupaten yang memiliki ibu kota Wates. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Bantul disisi Timur. Kabupaten Purworejo disisi Barat dan Samudera Hindia disisi selatan.
Pantai ini memiliki pasir hitam, khas pantai di Dataran Rendah yang memiliki Gunung Berapi. Pantai yang hitam berasal dari endapan pasir-pasir Merapi yang dibawa oleh sungai/kali Progo.
Secara umum, pantai kawasan ini Memiliki bentang luas dan beberapa bervegetasi tanaman Cemara Laut. Ada juga beberapa kawasan Pantai yang memiliki ekologi bakau. Daya Tarik Kehidupan nelayan mayoritas menjadi daya tarik wisata di daerah ini.

Aksebilitas Menuju pantai-pantai di Kulonprogo secara umum dapat dijangkau dari Kota Yogyakarta menuju arah Kulonprogo. Anda dapat menggunakan moda transportasi bus lokal dari Terminal Giwangan dan Pasar Gamping). Naik Bus yang ke arah Brosot/ Sarandakan.
Saya merekomendasikan untuk mengalokasikan waktu libur anda, 2 sampai 3 Hari untuk berwisata di Pantai-pantai Kulonprogo. Untuk menginap dapat menggunakan sarana wisata di Pantai Glagah.

Kabupaten Bantul
Kabupaten Bantul memiliki ibu kota di Kota Bantu sendiri. Kabupaten ini memiliki batas batas wilayah sebagai berikut : barat berbatasan langsung dengan Kabupaten Kulonprogo, Timur Berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul dan Bagian utara berbatasan langsung dengan Kota Jogja. Samudera Hindia di bagian selatan menjadi batas langsung Kabupaten Bantul di selatan.
Secara umum daya tarik wisata bantul tidak jauh beda dengan daerah Kulonprogo yang mengandalkan perkampungan nelayan dan beberapa vegetasi cemara udang sebagai peneduh. Akan tetapi, Kabupaten Bantul memiliki salah satu icon wisata Pantai Parangtritis yang sangat terkenal dengan tradisi Nglarungnya, yaitu tradisi slemetan dalam Budaya Jawa yang diperingati setiam malam satu Suro. Selain itu, adanya legenda mistis Ratu Laut Selatan atau Nyi Roro Kidul yang masih sangat melekat dalam kehidupan masyarakat di pantai selatan ini menambah eksotismenya. Harap berhati-hati bermain di pantai-pantai kawasan Bantul karena sangat mematikan, karena kekuatan ombak dan arus baliknya yang sangat kuat. Sangat tidak recomended untuk berenang dan bermain ombak.

Rute menuju pantai ini paling mudah, cukup menggunakan bus umum atau kendaraan pribadi menuju arah selatan melewati Jalan Parangtritis. Tinggal lurus terus dan sampai. Sarana penginapan sudah sangat banyak disediakan masyarakat disini.
Ingin tahu wisata pantai yang menarik di Jogja ikuti postingan-postingan berikutnya, Klik Lanjut setiap akhir artikel..

No comments:
Write komentar