Sunday, May 21, 2023

Memahami Esensi Wisata dari Lapangan bersama Eduwisata Desa Jogotirto

Hari ini kami bersama anak-anak didik berkunjung ke Eduwisata Desa Jogotirto untuk kuliah lapangan memahami esensi pariwisata di lapangan, kemudian berinteraksi dengan kesederhanaan para pelaku wisata disini, serta mendalami fenomena-fenomena wisata terkini di lapangan. 

Disini kami bertemu peternak yang mampu menyulap kandang ternak kambing menjadi destinasi wisata, perajin batik warna alam dan ecoprint, serta berkunjung langsung ke Agrowisata Jambu Dalhari. Serta paling luar biasa, ternyata sudah ada warga masyarakat Jogotirto yang mampu membuat Bahan Bakar Minyak (BBM) dari sampah. Termasuk mengubah olahan sampah menjadi bahan bangunan dan berbagai kerajinan.

Disini, keindahan alam serta eksotisme sejarah Candi Abang, Goa Sentono, Goa Jepang menarik untuk didalami. Termasuk Fenomena Lava Bantal yang unik juga memenuhi rasa penasaran kami. Kemudian,  tidak kalah menarik adalah menilik mitos Gunung Istana Tuyul yang syarat dengan misteri serta sempat viral di internet. 

Begitulah cerita singkat tentang perjalanan kami menyusuri potensi wisata di Desa Jogotirto. BTW, kok namanya Jogotirto ya? 

Sebagai penutup, "Ilmu Pariwisata itu cakupannya sangat luas karena multidisiplin, pengelolaannya juga harus lintas sektor, serta fenomenanya sangat dinamis, sehingga ilmu pariwisata tidak cukup hanya dipahami di ruang-ruang kelas." 












No comments:
Write komentar