Thursday, August 13, 2020

Berwisata ke Dusun Bambu, Kawasan Lembang, Bandung


Danau Buatan dan cottage, sebagai salah satu daya tarik utama di Dusun Bambu


Lelah dengan kepenatan selama bekerja di Kota Kembang (Bandung) yang semakin lama semakin sesak oleh hiruk-pikuk bisnis dan kemacetan. Pada dasarnya saya adalah orang desa, yang pada saatnya akan merindukan ketentraman kehidupan khas pedesaan. Untuk melepas kepenatan kerja saya merasa butuh berlibur sejenak, mencari destinasi wisata yang memiliki lanscape kehidupan alam pedesaan yang masih alami.


Embun pagi di Dusun Bambu

Karena saya termasuk orang baru di Kota Kembang, serta belum begitu mengenal destinasi wisata daerah ini, maka saya menyempatkan bertanya kepada rekan saya Nia yang juga mahasiswi saya di salah satu PTS di Bandung. Saya mendapatkan beberapa alternatif saran destinasi wisata yang bertema alam pedesaan, dan saya tertarik untuk mencoba salah satu  destinasi wisata di daerah Lembang yaitu Dusun Bambu. 
Dusun Bambu yang terletak di Jalan Kertawangi (Komplek Komando), Cisarua Bandung Barat. Dapat ditempuh melalui Jalan Kolonel Masturi KM 11. Aksebilitas untuk mencapai Dusun Bambu bisa melalui beberapa rute berikut ini:

1. Tol Pasteur -> Ledeng -> Jalan Sersan Sodik -> Jalan Kolonel Masturi
2. Tol Padalarang -> Cimahi -> Jalan Kolonel Masturi
3. Tol Pasteur -> Ledeng -> Lembang -> Jalan Kolonel Masturi

Menurut rekan saya, suasana di Dusun Bambu masih sejuk, tenang, dan alami dengan pemandangan yang indah. Serta  ada satu lagi, kalau masih pagi ada embun, sehingga saya merasa tempat ini cukup unik dan menarik untuk dicoba.




Masyarakat Lembang berjualan bunga

Minggu tanggal 8 Januari 2017 pukul 08.30 WIB, kami memutuskan untuk berangkat bersama ke Dusun Bambu. Perkiraan berangkat dari Antapani (dekat Stasiun Kiara Condong) sampai ke Dusun Bambu menghabiskan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Jarak yang cukup lumayan jika ditempuh dengan bersepeda motor. Namun, diluar dugaan pemandangan Kawasan Lembang selama perjalanan sungguh sangat mengagumkan.



Masyarakat Lembang berjualan bunga

Memasuki wilayah Lembang, kita akan disambut dengan keindahan pemandangan alam pegunungan yang menjulang sangat tinggi di berbagai penjuru. Selama perjalanan juga dapat melihat pemukiman penduduk yang mayoritas berprofesi sebagai petani tanaman hias, khususnya bunga, di kiri dan kanan jalan selama perjalanan di Lembang. Dengan suguhan pemandangan ini, rasa lelah perjalanan terbayarkan, dan waktu 2 jam perjalanan menjadi tidak terasa.
Berburu spot foto di Dusun Bambu



Pegunungan di Lembang

Sampai di Dusun Bambu rasa lelah terbayarkan, kita akan segera disuguhi pemandangan alam yang sangat indah. Meskipun kita sampai di lokasi agak kesiangan, serta gagal menemukan kabut/ embun, namun tetap tidak berkurang rasa cinta terhadap keindahan destinasi wisata alamnya serta kesejukanya.
Hal pertama yang kami lakukan di lokasi ini adalah berfoto di rumah pohon. Kami merasa tertarik oleh keunikan rumah pohon di Dusun Bambu yang dibuat dengan konsep yang cukup unik. Wahana tersebut dibangun pada pohon utama, pohon kayu putih. Masing masing dihubungkan oleh jembatan besi serta dirambati oleh tanaman rambat.



Rumah pohon di Dusun Bambu Bandung

Kedua, spot foto yang tidak kalah unik adalah  danau buatan. Telaga atau danau buatan di Dusun Bambu sangat menawan, salain lanscape alam sekitar yang mendukung, cottage atau deretan gazebo-gazebo di pinggiranya menjadi penghias background foto. Sangat menawan untuk sekedar menjadi hiasan walpapper atau foto instagram Anda. Spot spot lain adalah maskot berupa tugu yang terbuat dari kumpulan bambu yang disusun sedemikian rupa.

Selain keindahan alamnya, fasilitas akomodasi dan sarpras yang ada juga cukup memanjakan mata setiap pengunjung, antara lain: warung makan/restoran, caffe, play ground, mobil antar untuk membantu berkeliling area, serta tersedia mushola dan toilet yang cukup bersih.
Demikian story kami, tentang wisata di dusun bambu, semuga memberi inspirasi referensi wisata bagi pembaca.


Danau Buatan sebagai spot fotograi yang sangat Indah


Sungai dan bebatuan di Dusun Bambu yang dikelilingi bungan warna warni memanjakan mata


Jembatan kecil, spot menarik untuk foto di Dusun Bambu, Lembang, Bandung


Tempat istirahat, cukup nyaman untuk bersantai
Dusun Bambu
Rumah pohon ala Dusun Bambu, Lembang, Bandung


Nia Kurniawati
Eksotisme Danau Buatan di Dusun Bambu, Lembang, Bandung

Dusun Bambu
Lutung Kasarung (Rumah Pohon di Dusun Bambu)

Nia Kurniawati
This is Nia


No comments:
Write komentar