Sunday, July 14, 2019

Pantai Sepanjang di Gunung Kidul Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja) tidak terlalu berlebihan jika disebut sebagai bali keduanya Indonesia. Selain karena jumlah kunjungan wisatanya yang cukup besar, daya tarik wisata di kota gudeg ini tidak kalah eksotis. Selain terkenal karena eksotisme budayanya, Yogyakarta merupakan surga bagi para pemburu wisata alam.


Pantai Sepanjang Yogyakarta
Sepanjang Beach the Beauty of Jogja

Salah satu daya tarik alam yang menjadi andalan kota Yogyakarta adalah pantai selatan. Yogyakarta yang terletak di bagian selatan pulau jawa tidak pernah habis untuk diekpos sisi-sisi eksotisme dan keanekaragaman keindahan pantainya. Mulai dari pantai pasir hitam di Kabupaten Kulon Progo, hingga pantai di Kabupaten Gunung Kidul dengan keindahan pasir putih dan panorama alamnya

Salah satu pantai yang menawarkan keindahan pasir putihnya adalah Pantai Sepanjang di Kabupaten Gunung Kidul. Nama Pantai Sepanjang diambil karena memang pantai ini memiliki garis pantai yang paling panjang di banding pantai-pantai di Gunung Kidul lainya. Pantai sepanjang merupakan pantai pasir putih yang belum banyak bangunan penunjang wisata, dan masih sedikit sepi pengunjung sehingga menghadirkan suasana yang masih alami. Sepanjang tidak menawarkan hal-hal klise seperti beach cafe dan cottage mewah, tetapi sebuah kedekatan dengan alam. Warna biru air lautnya yang terpantul bersama buih-buih ombak lautan menambah romantisme yang mampu membuat kita seakan tidak mau beranjak untuk pergi dari tempat ini.


Pantai Kuta di Yogyakarta
Panorama Pantai Sepanjang

Gubuk-gubuk ber atap daun kerring dikelilingi pohon-pohon palem menjadi ciri khas yang menambah keunikan kawasan pantai ini. Kelandaian ombak Pantai Sepanjang membuat tidak ada perahu nelayan yang bersandar. Beberapa wsiatawan sering menyebut bahwa pantai sepanjang memiliki daya tarik yang tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai Kuta di Bali.

Di Pantai Sepanjang ini juga terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh. Sesuai namanya yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh. Penggunaan tempat ini konon dipakai oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Situs ini sekarang tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar, sehingga bila tidak bertanya keberadaanya kepada penduduk setempat maka para wisatawan sulit untuk menemukan situs tersebut.

Wisata Pantai Yogyakarta
Akses Masuk Pantai Sepanjang

Di pantai ini anda juga bisa mendapatkan cinderamata yang terbuat dari kerang laut. Beberapa penduduk yang tinggal di pesisir pantai membuat aneka kerajinan berbahan dasar kerang. Kerajinan tersebut dapat berbentuk kereta kencana, barong, orang-orangan, jepitan.

Akhir kata, pantai sepanjang benar-benar pantai yang cocok untuk berbagai aktifitas wisata yang santai yang ampuh untuk menghilangkan rasa penat Anda. Jika ingin berkunjung datanglah pada akhir pekan agar suasana menjadi lebih hidup.

Note : jadilah wisatawan yang bijak, jangan merusak alam dengan sampah dan jangan lupa untuk membeli survenir yang disediakan penduduk lokal sebagai dukungan terhadap pengembangan pariwisata.:)

Arikel berikutnya, sepintas kita akan membahas destinasi wisata pantai di Jawa Barat

Sumber gambar :

x

No comments:
Write komentar