Sunday, July 14, 2019

Pantai Nguyahan, Perpaduan Air Asin dan Tawar

Pantai Nguyahan.
Bencana Banjir yang terjadi bulan ini (Desember 2017), tidak menyurutkan niat saya untuk terus mempromosikan destinasi wisata di Gunungkidul Yogyakarta. Eksotisme alamnya yang menggoda selalu memacu optimisme bahwa “Di balik tanahnya yang gersang, daerah ini akan terus berkembang dan meningkatkan ekonominya melalui parwisata.” Oleh karena itu, niatan untuk mempromosikan destinasi-destinasi baru menjadi motivasi bagi saya untuk trus menulis dan menggarap blog wisata ini.

Pantai Nguyahan

Pada artikel kali ini saya ingin membagi cerita mengenai satu lagi pantai eksotis di Gunung Kidul yaitu Pantai Nguyahan. Pantai Ngyahan diambil dari bahasa Jawa, “uyah” dalam bahasa Jawa adalah garam. Mungkin karena air lautnya yang asin menjadikan diberi nama nguyahan, ya iya keles  namanya juga air laut hehe. Pantai ini terletak persis disamping Pantai Ngobaran yang lebih dahulu populer. Anda dapat memarkirkan kendaraan di tempat parikir pantai Ngobaran kemudian dapat berjalan kaki melewati jalan setapak menuju pantai Nguyahan.  

Bagi anda wisatawan konvensional, mungkin nama pantai ini terdengar masih sangat asing. Iya benar sekali, Pantai Nguyahan masih kurang populer dibandingkan pantai lain di Gunung Kidul seperti Baron, Krakal  dan lain-lainya. Tetapi bagi anda wisatawan yang mempunyai jiwa petualang, mengunjungi pantai yang masih sangat alami seperti Pantai Nguyahan adalah keistimewaan dan kemewahan tersendiri. Pantai Nyuyahan merupakan pantai yang belum banyak tersentuh, bahkan oleh warga masyarakat Gunung Kidul sendiri.

Pantai Nguyahan

Sejenak melangkahkan kaki di Pantai ini, terlihat warna pasir berwarna kuning kecoklatan, dengan kilau warna laut yang begitu biru mempesona. Tidak berlebihan jika saya katakan bahwa ini adalah surga yang tersembunyi The Hidden Paradise. Garis pantai sepenjang 100 meter dan karakteristik pantainya yang landai sangat cocok untuk sekedar bersantai dan bercengkrama dengan ombak. Ombak nan garang sepertinya mampu dijinakan oleh tebing karang dari pantai sebelah Nguyahan.

Keistimewaan lain dari pantai tak terjamah ini adalah adanya sumber air tawar, penduduk lokal menggunakanya sebagai sumber air untuk memberi makan ternak-ternak mereka. Bermesraan dengan buih ombak yang jinak , menatap ujung cakrawala langit biru yang tidak tahu berakhir dimana. Saya hanya bisa berharap semuga keindahan surgawi ini akan tetap lestari, dapat mensejahterakan masyarakat lokal melalui pariwisata namun tidak mengekploitasi berlebihan hingga berpotensi kerusakan seperti nasib pantai-pantai di daerah lain yang rusak lalu ditinggalkan. 
Foto dari https://www.jejakpiknik.com/pantai-nguyahan/

Pantai Nguyahan

Ingin mencari cinderamata khas Gunungkidul klik disini

No comments:
Write komentar