Wednesday, July 17, 2019

Camping di Pantai Kesirat : Lokasi Ideal bagi Penikmat Senja



Camping atau kemah telah menjadi gaya hidup anak muda dalam beberapa tahun belakangan ini. Camping menjadi ajang mencari jati diri bagi sebagian anak muda. Saya katakan demikian karena saya sendiri telah membuktikannya, beberapa tahun terakhir hampir setiap bulan sekali saya pulang pergi Jogja-Bandung menggunakan kereta. Setiap akhir pekan saya selalu barengan dengan pemuda-pemudi yang membawa tas ransel besar-besar, setiap ditanya kana kemana? mereka berkata jika ingin mendaki gunung. Biasanya ketika ditanya mendaki kemana? Mereka kebanyakan mengatakan ke Semeru.

Pantai Kesirat Gunungkidul Yogyakarta
Camping di Pantai Kesirat, Sumber : Toyok Yok
Trend ini kemumngkinan juga dipicu oleh banyaknya foto sunset, sunrise, lautan awan dan pemandangan lainnya di media social, dengan latar belakang yang menandakan bahwa foto tersebut adalah keindahan alam yang didapat dengan mendaki gunung. Selain untuk mendapatkan foto, pengalaman hidup tinggal di alam (camping) juga menjadi motivasi tersendiri bagi anak muda yang sedang mencari jati diri ini, serta mensyukuri semua nikmat tuhan YME yang telah memberikan alam yang sungguh maha indah ini. Akan tetapi, mendaki gunung untuk camping bukanlah perkara yang mudah, terutama bagi pemula, karena dibutuhkan persiapan yang matang, baik mental, fisik, maupun peralatan yang memadahi. Oleh karena itu dalam artikel ini saya ingin merekomendasikan tempat camping yang sedikit berbeda, yaitu di pantai dimana tidak diperlukan banyak kegiatan mendaki, namun tetap dapat memperoleh keindahan alam yang mewah.

Pantai yang saya maksuk ini bernama Pantai Kesirat. Jangan membayangkan tentang hamparan pasir putih, gemericik ombak yang menyapu bibir pantai, atau hewan-hewan laut kecil yang berlarian diantara pasir serta renik sisa karang yang dihantam ombak. Karena, Pantai Kesirat tidak menawarkan pemandangan seperti itu. Pantai ini justru mempunyai pesona tersendiri lewat panorama senja yang luar biasa indah dengan pohon abadi sebagai ikon yang menegaskan bahwa di pantai ini tidak pernah kehabisan cerita tentang senja. Pantai Kesirat memiliki satu pohon oleh penduduk setempat dan para pengunjung disebut sebagai pohon abadi. Pohon tunggal yang tumbuh tepat di bibir tebing itu terlihat begitu mencolok dan mencuri perhatian. Saat musim penghujan, pohon akan dipenuhi dengan daun hijau yang rimbun. Namun saat musim kemarau tiba, satu persatu daun akan berguguran hingga menyisakan batang pohon dan ranting-ranting yang nyaris gundul. Kehadiran pohon tersebut menjadi begitu menarik dan semakin mempercantik pemandangan di Kesirat saat senja tiba. Wisatawan pun biasanya tak lupa untuk berpose di bawah pohon tersebut.

Pantai Kesirat Gunungkidul Yogyakarta
Suasana Malam Pantai Kesirat, Sumber : Toyok Yok
 Tentu saya sangat merekomendasikan pantai ini, tidak rugi bagi Anda untuk kemah disini sekedar menikmati senja, Pesona malam hari di pantai ini pun tidak kalah indahnya. Deburan ombak yang menghantam tebing karang menjadi lullaby yang akan menemani tidurmu. Anda pun bisa membuat api unggun dan mengadakan barbeque party. Lokasi pantai yang jauh dari areal perkampungan membuatmu bebas untuk bernyanyi sekencang-kencangnya hingga dini hari. Eits, tapi sesudah camping dan membuat api unggun pastikan sebelum meninggalkan tempat ini semua sampah Anda bersihkan ya! Bagi Anda yang sedikit bosan camping di gunung, camping  di pantai ini saya jamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat berbeda J.

Pantai Kesirat Gunungkidul Yogyakarta
Foto Suasan Malam, Sumber : Toyok Yok
Pantai Kesirat ini terletak di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamata Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya tak jauh dari Pantai Gesing dan Pantai Wohkudu. Dari pusat Kota Yogyakarta Pantai Kesirat bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan rute Jogja – Imogiri – Panggang. Jika melalui rute Jalan Wonosari – Patuk, maka waktu yang Anda perlukan akan jauh lebih lama. Sepanjang jalan menuju akan ditemani bentang alam yang indah berupa bukit-bukit, lembah, serta hutan di kanan kirinya.

Lulusan Pariwisata KOK INGIN JADI PNS? simak dulu ulasanya disini.

Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima, sebab rute antara Selopamioro hingga Panggang berupa tanjakan terjal yang berkelok. Jika Anda sudah tiba di daerah Panggang, Anda bisa mencari petunjuk arah menuju Pantai Gesing, setelah itu Anda akan menemukan petunjuk arah menuju Pantai Kesirat. Andai Anda bingung, tanyakanlah rute kepada penduduk lokal yang akan membantumu dengan ramah. Pantai ini tersembunyi di balik bukit Karst dan semak belukar, anda bisa menuju kesana dengan sewa bus jogja jika bawa rombongan atau sewa mobil jogja lepas kunci jika dengan keluarga.

Pantai Kesirat Gunungkidul Yogyakarta
Foto Suasan Senja di Pantai Kesirat, Sumber : Toyok Yok

Sebagai tambahan informasi bahwa harga tiket di Pantai Kesirat dikenakan biaya, Rp. 3.000,- untuk motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil, harga ini belum termasuk parker. Demikian informasi mengenai Pantai Kesirat. Sampai Jumpa di Jogja …

Foto Siang Hari, Sumber : https://traveloskyholiday.com

No comments:
Write komentar