Thursday, December 22, 2022

Digital Marketing untuk Bisnis Desa Wisata yang Semakin Kompetitif

         Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta mengadakan pelatihan digital marketing pada hari Sabtu tanggal 19 Desember dan Senin tanggal 19 Desember 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dukungan dana insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) skema Kegiatan Kemandirian Masyarakat (KKM) tahun 2022 senilai Rp 50.000.000,- yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tim pelaksana pengabdian masyarakat adalah Hary Hermawan, S.Par., M.M selaku ketua pelaksana sekaligus kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STP AMPTA. Hamdan Anwari, S.Pd., M.Pd.B.I dosen STP AMPTA selaku anggota pertama. Dhimas Setyo Nugroho S.Par., M.M., dosen Universitas Terbuka selaku anggota kedua. Pelaksanaan pengabdian masyarakat terintegrasi MBKM ini juga didukung oleh tim pelaksana mahasiswa yaitu: Agnestasya Monica Putri Hendrajaya, Nadita Eka Chandrawati, Pitta Theresia br Girsang.

Digital Marketing
Pelatihan Digital Marketing di Desa Wisata Garongan, Wonokerto

Pelatihan Tiktok
Narasumber Menyampaikan Materi 

Pelatihan digital marketing ini merupakan salah satu program kerja unggulan dalam rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang sebelumnya telah dimulai STP AMPTA sejak 11 Desember 2022. Adapun target peserta pada kegiatan ini adalah para pelaku desa wisata khususnya Pengelola Desa Wisata Garongan di Kalurahan Wonokerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tema “Pengembangan Produk dan Pemasaran Desa Wisata Digital” dipilih oleh Hary Hermawan dan tim karena melihat masih lemahnya penerapan pemasaran digital yang dilakukan pengelola desa wisata di Sleman. Padahal pemanfaatan digital marketing terutama melalui media sosial saat ini sangat penting.

Menurut Hary, “Kurangnya kemampuan SDM dalam pemasaran digital membuat desa wisata kurang kompetitif dalam memasarkan produknya jika dibandingkan dengan perusahaan besar seperti PT, karena perusahaan besar biasanya sudah menjalankan promosi digital melalui media sosial yang telah dikelola secara profesional.”

Sesi pertama pelatihan pada hari Sabtu 17 Desember 2022 menghadirkan dua narasumber ahli dari kalangan praktisi yaitu Bapak Albertus Indratno, S.E dari Nemaste Inti Media sebagai pemateri pelatihan pembuatan konten promosi digital pada media sosial instagram dan facebook serta Ibu Desi Deria Cempaka Wijaya Murti, Ph.D dari Travelxism yang mengulas materi mengenai Pelatihan Pembuatan Konten Vlog untuk Media Promosi Tiktok.

Selanjutnya pada sesi kedua, Senin 19 Desember 2022 peserta diberikan materi pelatihan segar lainnya tidak kalah menarik. menghadirkan Kembali Bapak Albertus Indratno, S.E dengan materi pelatihan optimalisasi media youtube dalam pembuatan konten promosi digital. Pada sesi kedua dilanjutkan pemaparan oleh Bapak Robertus S, M.Kom yang mengupas mengenai optimalisasi landing page dan pemanfaatan iklan berbayar dalam pemasaran desa wisata.

Dalam sambutannya, Riyanto Sulistyo Budi selaku Lurah Kalurahan Wonokerto menyambut baik program-program kerjasama STP AMPTA dengan Pemerintah Kalurahan Wonokerto yang telah berlangsung sejak tahun 2020 dalam hal pengembangan desa wisata Lebih lanjut, Riyanto berharap STP AMPTA tetap bersedia mendampingi pengembangan pariwisata di wilayah Kalurahan Wonokerto yang menjadi salah satu kalurahan yang mengandalkan ekonominya dari sektor pariwisata.

Sedangkan Agus Sugiarto selaku Ketua Pokdarwis Wonokerto menceritakan pengalaman selama mengikuti pelatihan digital marketing. “Digital marketing dan pemanfaatan media sosial merupakan hal yang cukup baru bagi kami. Namun kami merasa semua materi yang disampaikan dalam pelatihan ini sangat sesuai pada kondisi saat ini dan tentunya semua kegiatan ini bermanfaat bagi kami pelaku wisata.Kami akan menindaklanjuti hasil pelatihan ini dengan mencoba membuat akun Tiktok Desa Wisata Garongan.”

Dalam rangkaian program pengabdian masyarakat bertema pengembangan produk dan pemasaran desa wisata digital ini tim STP AMPTA juga telah melaksanakan program-progam pengabdian lainnya yang difokuskan di Desa Wisata Garongan diantara yang telah berjalan adalah : (1) Fasilitasi pembuatan video company profile dan vlog desa wisata garongan; (2) Fasilitasi dan pendampingan dalam pembuatan website dan landing page Desa Wisata Garongan; (3) Fasilitasi dan pendampingan dalam pembuatan konten promosi instagram dan facebook; (4) Pembuatan ebook paket wisata dan lain-lain.

Foto Bersama Peserta di Hari Kedua 19 Desember 2022

Tim Mahasiswa AMPTA
Bonus


Materi artikel ini juga ditayangkan di https://lldikti5.kemdikbud.go.id


No comments:
Write komentar