Monday, November 23, 2020

Memberi Pelatihan Sapta Pesona di Desa Wisata Garongan

Sapta Pesona  merupakan isu yang populer. Akan tetapi, isu tersebut masih terus menjadi  perhatian dalam setiap kegiatan Bimtek Desa Wisata. Mengingat fakta di lapangan melalui berbagai sumber media berita masih sering ditemui berita terkait adanya komplain wisatawan terhadap pelayanan wisata yang ada di suatu destinasi. Sebagai solusi pencegahan, pada tanggal pengelola Desa Wisata Garongan telah diberikan pelatihan Sapta Pesona dan Pelayanan Prima. Sebagai penanggungjawab program adalah saya sendiri Hary Hermawan, S.Par., M.M.

Sapta pesona adalah 7 (tujuh) unsur pesona yang harus diwujudkan bagi terciptanya lingkungan yang kondusif dan ideal bagi berkembangnya kegiatan kepariwisataan di suatu tempat yang mendorong tumbuhnya minat wisatawan untuk berkunjung. 

Hary Hermawan Pelayanan Prima
Dokumentasi Kegiatan Desa Wisata Garongan 2020

Ketujuh unsur sapta pesona yang dimaksud di atas adalah: aman; tertib; bersih; sejuk; indah; ramah tamah; dan kenangan.  Ketujuh unsur yang dapat diimplementasikan dalam pengelolaan Desa Wisata Garongan akan dijelaskan sebagai berikut: 

Aman atau Keamanan 
Aman, merupakan suatu kondisi atau keadaan yang memberikan suasana tenang dan rasa tenteram bagi wisatawan. Aman dapat berarti bebas dari rasa takut dan khawatir akan keselamatan jiwa, raga, dan harta miliknya (barang bawaan dan yang melekat pada tubuhnya). Aman juga berarti bebas dari ancaman, gangguan dan tindak kekerasan atau kejahatan (penodongan, perampokan, pemerasan, penipuan). Aman, di desa wisata garongan dapat diwujudkan dengan danya dukungan masyarakat yang positif terhadap kegiatan pariwisata dan turut merasa memiliki Desa Wisata Garongan.  Kedua, rasa aman juga telah diwujudkan dengan penyediaan tempat parkir yang luas, dan terjaga. Sehingga wisatawan tidak perlu merasa khawatir terhadap keamanan kendaraan saat berwisata. 

Tertib atau Ketertiban 
Merupakan suatu kondisi atau keadaan yang mencerminkan suasana tertib dan teratur serta disiplin dalam semua kehidupan masyarakat. Keadaan atau suasana tertib menghadapi wisatawan lebih ditujukan kepada : 
a. Wisatawan akan mendapatkan suasana pelaksanaan wisata dengan peraturan yang jelas dan konsisten. 
b. Tertib dari segi waktu dimana wisatawan akan menemukan segala sesuatu yang pasti waktunya sesuai dengan jadwal. Hal ini berarti kesesuaian jadwal pada paket dengan kegiatan wisata yang dijalani wisatawan. 
c. Tertib dari segi mutu pelayanan di mana wisatawan akan mendapatkan mutu pelayanan yang bermutu tinggi. Desa wisata garongan bersama tim trainer dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA telah bersama-sama menyusun SOP pelayanan. Khususnya terkait dengan protokol kesehatan Covid-19. 
Selanjutnya dalam proses pembuatan video, sehingga SOP yang divisualisasikan akan mudah dipahami calon wisatawan yang berkunjung di Desa Wisata Garongan, sehingga akan semakin tercipta ketertiban. 
d. Tertib dari segi informasi di mana wisatawan selalu dengan mudah mendapatkan informasi yang akurat dan dalam bahasa yang dapat dimengerti. Hal ini diwujudkan dengan disediakannya berbagai papan informasi wisata, dari jalan menuju lokasi, dan juga informasi-informasi wisata di Desa Wisata Garongan. 
e. Dalam kondisi pandemi Covid-19 tertib juga diwujudkan dengan pelaksanaan protokol kesehatan, sehingga wisatawan merasa aman dan tenteram berwisata di Desa Wisata Garongan

Bersih atau Kebersihan 
Merupakan suatu kondisi atau keadaan yang menampilkan sifat bersih dan sehat (hygienis). Keadaan bersih harus selalu tercermin pada lingkungan dan sarana pariwisata yang bersih dan rapi, penggunaan alat perlengkapan yang selalu terawat baik, bersih dan bebas dari bakteri atau hama penyakit, makanan dan minuman yang sehat, serta penampilan petugas pelayanan yang bersih baik fisik maupun pakaiannya. 

Bersih dari segi lingkungan dimana wisatawan akan menemukan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah dan limbah, pencemaran limbah, pencemaran maupun kotoran lainnya. Bersih dari segi bahan di mana wisatawan mendapatkan bahan yang bersih baik pada makanan, minuman, maupun bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyajian. 

Sejuk atau Kesejukan 
Merupakan suatu konsisi atau keadaan lingkungan yang memberikan suasana segar dan nyaman. Kondisi lingkunan seperti itu tercipta dengan upaya menciptakan suasana penataan lingkungan, pertamanan, penghijauan pada jalur wisata. Memperindah wajah kota dengan pembangunan tamantaman di tempat-tempat terbuka, penghijauan sepanjang jalan, lingkungan dan perkantoran, dan pusat perbelanjaan serta lingkungan pemukiman penduduk dan daya tarik wisata. Dalam ruangan kesejukan dapat diciptakan melalui penataan dan penyediaan pot-pot tanaman bahkan kalau mungkin membuat taman. 

Indah atau Keindahan 
Merupakan suatu kondisi atau keadaan yang mencerminkan penataan yang teratur, tertib dan serasi, sehingga memancarkan keindahan. Indah, dilihat dari sudut penggunaan tata warna yang serasi, selaras dengan lingkungan sekitarnya, baik interior maupun eksterior serta menunjukkan sifat dan ciri penampilan nasional. Keindahan terutama dituntut dari penampilan semua unsur yang berhubungan langsung dengan pariwisata, seperti penampilan wajah kota, halaman depan hotel dan bangunan bersejarah, jalur-jalur wisata, lingkungan daya tarik wisata serta produk pariwisata lainnya. Indah dari segi alam di mana wisatawan akan mendapatkan lingkungan yang indah dikarenakan pemeliharaan dan pelestarian yang teratur dan terus-menerus.  Keindahan di Desa Wisata Garongan juga terwujud dengan fasilitas wisata yang mayoritas berbentuk Joglo. Joglo merupakan bentuk bangunan khas Yogyakarta yang memiliki nilai keindahan, seni dan filosofi. 

Ramah tamah atau Keramah-tamahan 
Ramah Tamah Adalah sifat dan perilaku masyarakat yang akrab dalam pergaulan, hormat dan sopan dalam berkomunikasi, suka senyum, suka menyapa, suka memberikan pelayanan, dan ringan kaki untuk membantu tanpa pamrih, baik yang diberikan oleh petugas atau aparat unsur pemerintah maupun usaha pariwisata yang secara langsung melayaninya. Hal ini sudah terlihat dilimiki oleh semua pengelola Desa Wisata Garongan 

Kenangan 
Kenangan berupaya diwujudkan dengan cara : 
a) Kenangan dari segi akomodasi yang nyaman, di mana wisatawan selama menginap akan mendapatkan kenyamanan baik dari segi lingkungan, pelayanan kamar, pelayanan makanan dan minuman maupun pelayananpelayanan lainnya. 
b) Kenangan dari segi atraksi budaya yang mempesona di mana wisatawan akan mendapatkan suatu kenangan akan budaya yang mempesona, baik dari segi variasi, mutu dan kontinuitas maupun waktu yang tepat. 
c) Kenangan dari segi makanan khas daerah yang lezat di mana wisatawan akan mendapatkan sesuatu kenangan dari makanan khas daerah yang lezat rasanya, hygienis, bervariasi, dan menarik dalam penyajiannya. Desa wisata garongan sudah memiliki makanan dan minuman khas yaitu Jamega (Jahe Merah Garongan), dan berbagai olahan salak. Untuk pengabdaian yang akan datang, tim dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA akan mengadakan pelatihan olahan bakso salak.
d) Kenangan dari segi cenderamata yang mungil, bermutu, menawan, dan harga yang wajar. 
Desa Wisata Garongan telah memiliki survenir khas berupa gantingan kunci yang berasal bengkel kerajinan warga lokal

Artikel menarik lainnya Survei di Desa Wisata Garongan

No comments:
Write komentar