Sunday, July 14, 2019

Pantai Goa Cemara Yogyakarta


Pantai Goa Cemara merupakan pantai baru yang mulai popular akhir-akhir ini. Berlokasi di Dusun Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai Goa Cemara berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota serta berdekatan dengan Pantai Kuwaru, pantai yang lebih dahulu tenar membuat pantai baru ini mudah dijangkau wisatawan.
Dinamai Pantai Goa Cemara karena di kawasan pantai ini terdapat pohon cemara udang yang lumayan banyak dengan ranting pohon yang berhimpitan satu sama lain sehingga seakan-akan jika kita berada di bawah pohon cemara tersebut seperti berada di dalam sebuah goa dengan lorong-lorong labirinya yang eksotis.
Pemandangan hutan cemara yang hijau bagai permata zamrud berpadu dengan pantai selatan yang biru serta deburan ombaknya yang indah dan tidak terlalu besar merupakan daya tarik utama pantai ini. Selain menikmati pemandanganya yang elok, wisatawan di pantai ini dapat melihat proses naiknya kapal nelayan secara langsung pada pukul 12.00 WIB sekaligus dapat belanja atau melelang ikan segar hasil tangkapan yang dibawa oleh nelayan tersebut. Segala aktifitas penduduk lokal lainya juga menjadi daya tarik tersendiri, dan salah satunya adalah aktifitas pertanian di tanah pasir, disisi bagian timur pantai.

Jika pada umumnya sebuah pantai memiliki hawa yang panas namun berbeda halnya dangan pantai goa cemara ini karena pantai ini memiliki suasana yang sejuk serta sehingga cocok untuk bersantai dan beraktifitas bersama keluarga. Sebagai penunjang kebutuhan wisatawan, pengelola Pantai Goa Cemara juga telah menyediakan berbagai macam sarana pendukung wisata seperti gazebo, toilet, tempat ibadah, warung makan, fasilitas outbond dan lain sebagainya. Wisatawan yang berkunjung juga belum dikenai retrubusi sampai saat ini, namun cukup membayar tiket parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor, mobi Rp 5.000 dan bus Rp. 10.000.

1.  Goa Cemara pesona pantai yang hijau 







2. Wisatawan bermain dengan deburan ombak Pantai Goa Cemara 
3. Suasana pelelangan ikan di pantai
 
4. aktifitas warga mencari undur-undur laut



No comments:
Write komentar