Friday, June 21, 2019

Perencanaan Transportasi Wisata


Dalam kuliah pariwisata kita selalu berkutat pada teori 3A yaitu atraksi (daya tarik wisata), aksebilitas(transportasi), dan amenitas (sarana/prasarana wisata). Menurut sepengetahuan saya, dari ketiga aspek diatas aksebilitas merupakan merupakan aspek yang memiliki peroporsi yang paling sedikit dekaji dalam kuliah dibanding dua faktor lainya. Untuk itu dalam tulisan saya kali ini saya akan merangkum beberapa intisari mengenai perencanaan transportasi wisata sebagai refleksi.


transportasi wisata jogja

Perencanaan transportasi menjadi aspek penting dalam pengembangan pariwisata mengacu pada dasar logika sebagai berikut :
1.  Transportasi sebagai penghubung (daerah asal wisatawan dan destinasi/ tujuan)
2. Transportasi menunjang efisiensi, kenyamanan, keamanan yang mendukung terciptanya kepuasan berwisata secara keseluruhan.
3. Jika transportasi bagus, pariwisata cenderung berkembang
4.  Manajemen transportasi menyokong keberlangsungan sitem pariwisata
5. Transportasi merupakan aspek krusial dalam meningkatkan sistem pariwisata
6. Transportasi juga merupakan potensi lokal, tetapi tetap harus dikelola


perencanaan transportasi wisata

7. Transportasi merupakan unsur perencanaan pariwisata.Perencanaan transportasi dilakukan agar tercapai tingkat  efektifitas, ektesifitas, serta efisien secara biaya dan waktu tempuh. Efektifitas atau tepat guna berhubungan dengan upaya menciptakan keamanan dan kenyamanan wisatawan, sedangkan efisiensi menyangkut waktu tempuh dan biaya yang dikeluarkan untuk menjangkau destinasi/ tujuan. Perencanaan transportasi dapat dikatakan ektensif jika suatu jalur dan moda transportasi dapat menjangkau banyak titik/ destinasi wisata di suatu daerah.
Transportasi sebagai sarana penunjang untuk mengantar wisatawan ke daerah tujuan wisata perlu dikelola sedemikian rupa agar para wisatawan tetap segar bugar rohani dan jasmaninya. Kesegaran ini dapat diupayakan dengan pengaturan perjalanan wisata yang mengasikan, hingga jarak yang jauh terasa dekat, jangka waktu perjalanan yang lama menjadi terasa sebentar.
PERENCANAAN TRANSPORTASI WISATA
Dalam kegiatan transportasi wisata terdapat lima unsur utama yang harus selalu ada, kelima unsur tersebut antara lain moda transportasi (kendaraan), awak, jaringan jalan, sasaran wisata, dan wisatawanya
Pengelola transportasi harus menyediakan moda transportasi wisata yang memiliki kekhususan yaitu harus tangguh secara fisik, aman, nyaman, serta memiliki nuansa pariwisata (lokalitas).
Kualitas jalan dan kuantitas jaringan/ jalur yang digunakan sebagai lintasan wisata perlu dikaji sebelumnya. Idealnya setiap destinasi wisata memiliki 3 jalur, satu jalur masuk/datang, satu jalur keluar/pulang dan satu jalur alternatif. Dengan demikian perjalanan wisata akan lebih efektif dalam menjangkau destinasi, serta lebih efisien secara waktu.
Selain kemampuan jaringan jalan yang akan digunakan, kemungkinan terjadi macet pada waktu tertentu, demikian pula kemungkinan terjadinya gangguan alam seperti bencana banjir, tanah longsor dan sebagainya juga wajib menjadi pertimbangan pengelola transportasi.
Sedangkan peranan para awak pada moda transportasi adalah untuk membangkitkan simpati wisatawan. Pelayanan dan tanggung jawab para awak juga berperan penting dalam mewujudkan kepuasan wisatawan secara keseluruhan terhadap salah satu moda transportasi. Untuk itu pelatihan kompetensi bagi sumber daya manusia yang terlibat perlu selalu ditingkatkan. Sebagai contoh kasus, ada wisatawan yang mudah merasa cemas ketika melihat sesuatu dalam perjalanan misalnya tebing yang curam (caustro phobia), maka awak dapat menguranginya dengan berhenti sebentar untuk istirahat di suatu tempat di suatu tempat yang segar. Dalam hal inilah seorang awak harus mengenal betul karakter wisatawan dan kualitas jalur yang sudah ditentukan sebagai lintasan wisata.


PERENCANAAN TRANSPORTASI WISATA

Selain beberapa hal yang saya sebutkan diatas, tata alam dan tata adat masyarakat yang memiliki kekhasan daya tarik perlu dipertimbangkan dan dipelajari, sebab tata alam dan tata adat masyarakat yang dapat disaksikan selama perjalanan juga merupakan daya tarik bagi para wisatawan. Jadi sebelum wisatawan sampai pada destinasi tujuan, wisatawan juga menyaksikan berbagai daya tarik wisata yang ada disepanjang jalan selama perjalanan, sehingga mampu memberikan pengalaman dan kepuasan secara keseluruhan terhadap perjalanan wisatanya. Rekayasa jalur dapat dibuat sedemikian rupa melawati beberapa point of interest guna membantu menwujudkanya pengalaman perjalanan yang mengesankan.


Baca Juga : Pesona Desa Wisata Gamplong


perencanaan transportasi wisata

                                                 Peta jalur kawasan pantai gunung kidul
perencanaan transportasi wisata

                                               Jalur dengan point of interest berupa pantai

14 comments:
Write komentar
  1. Transportasi memang memiliki peran penting dalam ranah pengembangan wisata. Dengan adanya transportasi yang mumpuni, maka wisatawan dapat menuju ke destinasi tertentu dengan lebih mudah. Transportasi ini bisa berkaitan dengan sarana transportasi dan transportasi itu sendiri. Bicara soal sarana transportasi yang menunjang maka berkaitan erat dengan Bandara, Terminal, Pelabuhan, dan Bandara yang menjadi sumber datangnya wisatawan. Berikutnya adalah jalan menuju ke destinasi juga harus mumpuni agar para pelancong lebih mudah sampai ke lokasi. Soal sarana transportasi menuju ke lokasi bisa berupa roda empat dan roda dua. Kendaraan seperti bus, van, minibus, dan MPV dapt dimanfaatkan untuk menuju ke destinasi wisata. Sebagai contoh untuk menuju ke Malang, maka seseorang bisa pesan dulu travel Semarang Malang. Berikutnya konsumen bisa menuju ke destinasi wisata tertentu baik dengan agen travel tersebut karena pada umumnya juga melayani carte atau mencari transportasi lain di kota Apel.

    ReplyDelete
  2. Memang alangkah lebih baik Apabila sebuah tempat wisata memiliki akses jalan yang baik sehingga transportasi menuju kearah satu sel tersebut yang mudah. Tanya itu perlunya adanya pemetaan Bagaimana suatu tempat wisata dapat diakses juga menjadi hal yang penting. Berbagai berbagai kendaraan apa saja yang dapat menuju ke lokasi sehingga wisata tersebut akhirnya dapat menjadi destinasi yang ramai dikunjungi oleh para pelancong. Sebagai salah satu solusi bagi Anda yang ingin berpergian ke tempat wisata daerah Yogyakarta bisa mencoba untuk perusahaan Jasa transportasi di travel Jogja Surabaya karena pada umumnya jasa transportasi seperti ini melayani charter mobil sehingga dapat dipesan untuk menuju ke sebuah destinasi tertentu.

    ReplyDelete
  3. Transportasi tidak dapat dipisahkan dari wisata karena transportasi dapat mendukung perjalanan sebuah tempat wisata apabila tempat wisata memiliki sarana prasarana transportasi maka wisata tersebut bisa kamu ada kemungkinannya menjadi tempat wisata yang ramai. Asalnya transportasi menjadi faktor utama Bagaimana seseorang bisa datang ke lokasi tersebut waktunya transportasi mumpuni bukan tidak mungkin masyarakat akan mudah untuk mengakses sebuah destinasi wisata. Kata transportasi banyak ditemukan di berbagai kota sehingga Konsumen tidak perlu bingung ketika mengunjungi suatu destinasi wisata. Dari arah Lampung seseorang bisa menuju ke arah Palembang dengan adanya travel Lampung Palembang yang mana dapat membantu seseorang untuk mengunjungi sejumlah destinasi yang ada di Palembang. Seseorang tidak perlu repot lagi karena tinggal pesan saja transportasi yang ada sehingga konsumen bisa diantar sampai dengan lokasi tujuan. Tidak perlu bingung melainkan cukup pesan saja maka kendaraan travel yang bersangkutan akan datang menjemput sesuai dengan alamat dan nanti akan mengantar sampai dengan alamat tujuan. Dapat berkat adanya transportasi semacam ini termasuk dalam kaitanya menuju ke tempat wisata pun juga bisa terlaksana Ketika seseorang telah bosan sehat transportasi karena bisa saja transportasi tersebut bersedia Mengantar ke berbagai lokasi Sesuai dengan kesepakatan antara pihak konsumen dengan pihak penyedia jasa transportasi. Pemesanan travel Lampung Palembang pun juga mudah saja karena sekarang ini sudah serba online dimana konsumen bisa melakukan reservasi secara online. Konsumen bisa pesan Melalui aplikasi WhatsApp dengan cara menelpon ke nomor ini. Bingung melainkan hanya cukup melakukan reservasi saja agar hatinya mendapatkan transportasi tersebut. Sembari menunggu akan lebih baik jika konsumen telah mempersiapkan barang bawaan yang akan dibawa Sehingga nantinya rombongan tidak buru-buru serta para driver tidak menunggu terlalu lama. 

    ReplyDelete
  4. Transportasi saat ini merupakan salah satu kebutuhan penting di tengah-tengah masyarakat karena dengan adanya transportasi seseorang bisa bepergian dengan mudah dari satu ke tempat ke tempat yang lain termasuk urusannya menuju ke tempat wisata. Transportasi pun beragam konsumen pun tinggal memilih salah satu transportasi yang ada sesuai dengan kebutuhan ataupun selera masing-masing. Salah satu moda transportasi yang dapat dijadikan solusi perjalanan di tengah-tengah masyarakat saat ini adalah layanan transportasi travel. Layanan transportasi travel bisa ditemukan di Bandung dimana seseorang yang berada di Bandung bisa naik angkutan ini Menuju ke kota lain seperti menuju ke arah Semarang Jawa Tengah. Transportasi travel Bandung Semarang bisa didapatkan oleh penumpang dengan cara yang mudah karena sudah banyak travel yang melayani dengan jurusan yang satu ini. Konsumen pun bisa mendapatkan informasi kontak resmi dari travel yang bersangkutan baik mencari di Google maupun dengan cara yang lain. Sejumlah agen travel pun sudah memiliki situs resmi sehingga konsumen bisa mendapatkan informasi resmi dari travel yang bersangkutan Selain itu informasi mengenai angkutan travel Bandung Semarang ini juga terdapat pada sejumlah blog. Dengan jurusan yang satu ini. Ketika telah mendapatkan kontak resmi dari travel yang bersangkutan maka konsumen pun bisa melakukan reservasi. Pemesanan dapat dilakukan dengan mudah karena travel melayani dengan online sehingga konsumen hanya perlu dari rumah saja tanpa harus datang ke Terminal ataupun ke kantor agen. Melakukan panggilan telepon ke nomor HP resmi dari TV yang bersangkutan selain itu juga bisa mengirimkan pesan ke nomor HP yang bersangkutan Melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Dengan demikian maka lebar foto setelah didapatkan konsumen pun bisa pergi ke arah Semarang dari arah Bandung Jawa Barat. 

    ReplyDelete
  5. Transportasi banyak dibutuhkan oleh masyarakat di mana Dengan adanya transportasi ini dapat membantu seseorang yang mau pergi dari satu tempat ke tempat tertentu dengan lebih mudah. Transportasi pun banyak ditemui di berbagai kota salah satunya yang ada di Tangerang Banten. Dari arah salah satu kota yang ada di Banten ini seseorang bisa menuju ke kota lain seperti menuju ke arah Bandar Lampung. Begitu pula sebaliknya karena pada umumnya alat transportasi melayani dua arah maka masyarakat yang ada di Bandar Lampung bisa pergi ke arah Tangerang dengan naik jasa transportasi.

    Dari sekian banyak jasa transportasi yang ada adalah transportasi travel Tangerang Lampung yang dapat menjadi solusi perjalanan pada jurusan yang satu ini. Ini bukan hanya itu saja namun revolver melayani dengan sistem door to door service di mana konsumen bisa dijemput di kota asal dan nantinya konsumen tersebut akan diantar sama dengan alamat yang ada di kota tujuan sesuai dengan pesanan yang telah disampaikan pada saat reservasi.

    Biaya perjalanan yang perlu dikeluarkan oleh seseorang dari arah Tangerang menuju ke arah Lampung ini tidaklah mahal melainkan hanya cukup dengan 350000 pada tahun ini. Konsumen pun masih akan mendapatkan layanan antar jemput dan berbagai fasilitas lain yang diberikan oleh pihak travel sehingga bisa dikatakan harga ini terbilang terjangkau.

    Bagi masyarakat yang mau melakukan pemesanan travel Tangerang Lampung bisa order dengan mudah karena travel dengan jurusan ini bisa dipesan secara online. Cukup dengan handphone saja tanpa harus datang ke kantor agen sudah bisa mendapatkan travel dan Hanya tinggal menunggu sesuai dengan alamat yang telah disampaikan pada saat order ini

    ReplyDelete
  6. Pergi menuju ke tempat wisata saat ini bisa dilakukan dengan mudah karena telah ada jasa transportasi yang bisa dipesan untuk menuju ke tempat wisata. Ada transportasi bus yang dapat dijadikan solusi perjalanan wisata untuk rombongan dalam jumlah banyak. Apabila rombongan berjumlah lebih sedikit maka bisa pesan transportasi yang lebih kecil seperti menyewa kendaraan tipe van atau minibus. Selain dimanfaatkan sebagai sarana transportasi menuju ke tempat wisata transportasi juga dimanfaatkan untuk perjalanan antar kota antar provinsi. Begitu pula transportasi jenis minibus atau van yang dimanfaatkan untuk transportasi antar kota antar provinsi namun untuk jenis travel. Apabila masyarakat yang ada di Jawa Timur mau pergi dari suatu kota di Jawa Timur ke kota yang lain maka bisa pesan transportasi bus maupun travel. Hal ini karena memang telah ada transportasi transportasi tersebut yang beroperasi di tengah masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu bingung apabila mau bepergian. Jika mau pesan travel maka bersama coba untuk order di Nusa Trans Travel karena jasa transportasi ini memang melayani perjalanan dengan jurusan antar kota di Jawa Timur. Tak hanya itu saja namun juga ada jurusan dari sejumlah kota di Jawa Timur menuju kota di Jawa Tengah. Oleh karena itu perjalanan menuju ke tempat tertentu bisa dapat dilakukan dengan mudah.

    ReplyDelete
  7. travel Semarang Bandung

    Transportasi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berpergian termasuk Salah satunya ke tempat wisata. Dengan adanya jasa transportasi maka dapat dimanfaatkan untuk menuju ke beberapa lokasi wisata sekaligus sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Hal ini bisa dilakukan oleh masyarakat apabila pesan transportasi karena transportasi ini dapat di sewa untuk rombongan sekaligus. Jumlah rombongan tak tanggung-tanggung melainkan bisa memuat penumpang dengan jumlah yang besar. Selain itu masyarakat yang mau pergi ke berbagai tempat namun dengan jumlah rombongan yang lebih kecil maka bisa memanfaatkan jasa rental mobil. Jasa rental umumnya menyediakan kendaraan dengan kendaraan yang bervariasi apabila jumlahnya belasan maka bisa pesan Elf atau Hiace. Jika lebih dari itu maka bisa pesan kendaraan jenis MPV. Dengan demikian maka perjalanan ke tari sapu dapat dilakukan dengan mudah. Apabila masyarakat pergi sendirian maka bisa naik transportasi bus karena juga ada transportasi bus yang melayani perjalanan antar kota antar provinsi. Tapi apabila naik bus maka seseorang harus datang ke Terminal dulu atau ke kantor agen karena biasanya kendaraan bus akan berangkat dari lokasi tersebut. Jika ingin lebih praktis maka bisa mencoba untuk naik transportasi travel. Seperti ketika naik travel Semarang Bandung dimana konsumen bisa menunjukkan rasa marah dengan mudah. Konsumen tidak perlu datang ke Terminal ataupun Stasiun melainkan cukup menunggu di rumah saja setelah melakukan reservasi kepada travel yang bersangkutan. Berikutnya satu persatu sesuai dengan alamat yang dituju yang menjadikan penumpang tidak boleh pesan ojek online atau taksi online ketika Menuju ke alamat rumah masing-masing. Dengan demikian maka jakarta-sulawesi akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berpergian dari satu tempat ke tempat yang lain.

    ReplyDelete
  8. Rodison Trans merupakan jasa transportasi travel yang melayani perjalanan dari arah Semarang menuju ke arah Yogyakarta dan arah. sebaliknya. Berkat adanya solusi semacam ini maka masyarakat yang saat ini tengah mencari transportasi . Konsumen akan mendapatkan layanan penjemputan sesuai dengan alamat dan pengantaran sampai dengan alamat yang dituju atau dikenal dengan istilah door to door service. Dapat dilakukan dengan mudah telepon nomor HP travel satu ini akan mengirimkan pesan Melalui aplikasi pelacak. Adanya transportasi travel Semarang Jogja memberikan kemudahan dalam hal keberangkatan maupun dalam hal fasilitas kendaraan.

    ReplyDelete
  9. Jasa transportasi travel Jogja Semarang dapat dijadikan solusi perjalanan bagi masyarakat yang mau menuju ke arah Semarang dari arah Yogyakarta. Adanya transportasi semacam ini dapat menjadi solusi perjalanan bagi masyarakat dengan lebih mudah karena Konsumen akan mendapatkan kemudahan berupa adanya layanan antar jemput. Konsumen akan disebut sesuai dengan alamat di kota asal dan nantinya Konsumen akan di antar sama dengan alamat yang dipesan sebelumnya. Dengan demikian maka tidak perlu repot-repot ketika bepergian naik transportasi Travel. Jasa transportasi travel Semarang Jogja yang dapat dijadikan solusi adalah Rodison terus dimana sehat transportasi ini melayani jurusan yang travel Jogja Semarang. Konsumen bisa pesan dengan mudah dengan cara telepon ataupun mengirimkan pesan Whatsapp ke nomor HP resminya.

    ReplyDelete
  10. Bicara mengenai jasa transportasi tentunya dapat yang beroperasi di tengah masyarakat saat ini termasuk adanya transportasi travel Semarang Madiun. Masyarakat yang menuju ke arah Madiun tidak berhubungan dengan adanya transportasi Travel. Masalahnya travel melayani penjemputan dan melayani pengantaran di mana konsumen agar mendapatkan kemudahan ketika mau bepergian. Itu juga satu rujukan atau masing-masing travel akan siap mengantar sehingga Konsumen tidak perlu saya transportasi untuk menuju ke alamat rumah. Dapat dipesan dengan mudah di mana konsumen bisa melawan reservasi dengan cara menelpon ataupun mengirim pesan. Oleh karena travel Semarang Madiun ada jadi salah satu solusi yang tepat di antara berbagai transportasi yang lain.

    ReplyDelete
  11. Berkenaan dengan jasa transportasi memang ada banyak berakhir antara masyarakat sehingga masyarakat yang bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain tidak perlu repot dan bingung. Masyarakat yang mau pergi ke arah Wonosari di daerah Jakarta juga tidak perlu repot karena terhadap banyak jasa transportasi yang melayani dengan jurusan yang satu ini. Usaha transportasi yang dapat dijadikan solusi berjalan adalah transportasi travel di mana travel memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak ada pada transportasi lain. Kita ketahui bahwa untuk angkutan travel melayani penjemputan dan melayani pengantaran atau dikenal dengan istilah door to door service. Satu persatu perbedaan alamat di kota asal dan nantinya Konsumen akan diantar sampai dengan alamat masing-masing jangan bandingkan alamat bahkan bisa sampai dengan depan rumah. Dengan demikian maka konsumen cukup 1 kendaraan mulai dari keberangkatan sampai dengan alamat yang dituju tanpa harus berpindah-pindah kendaraan. Hal ini berbeda dengan transportasi lain seperti bus atau kereta api yang mengerikan orang yang berbeda-beda satu dari 1 kendaraan ke kendaraan yang lain konsumen pun juga berkemungkinan akan pesan ojek online taksi online untuk menuju lokasi yang dituju. Hal ini Tentunya menjadikan pacaran anak repot oleh karenanya travel adalah salah satu transportasi yang tepat. Masyarakat yang ada di Jakarta yang mau melawan pesanan travel menuju ke arah Wonosari bisa melakukan reservasi dengan cara menelepon atau mengirim pesan Whatsapp. Konsumen tidak perlu repot karena cukup dengan menggunakan kacamata tidak bisa terhubung dengan travel yang bersangkutan dan nantinya konsumen akan dijemput sesuai dengan alamat yang disepakati dan tanggal yang telah disepakati. Salah satu jasa transportasi travel yang dapat dijadikan solusi perjalanan dari Jakarta menuju ke Wonosari adalah Gaza Prima Trans. Konsumen dapat melakukan pemesanan dengan cara diatas sehingga tidak perlu repot Tapi kalau reservasi ke nomor HP 081807597635. Itulah penjelasan mengenai jasa transportasi yang dapat dijadikan solusi perjalanan travel Jakarta Wonosari atau sebaliknya yang disediakan oleh Gaza Prima.

    ReplyDelete
  12. Jasa transportasi travel Jember pernah dapat menjadi solusi perjalanan bagi masyarakat yang saat ini berada di Jember ingin menuju ke arah Malang Jawa Timur. Jasa memberikan kemudahan diantara berbagai transportasi yang lain karena travel melayani layanan antar jemput atau dikenal dengan istilah door to door service. Adanya layanan semacam ini menjadikan konsumen bisa berjalan dengan lebih mudah karena tidak perlu pesan ojek online atau taksi online saat berangkat menuju ke alamat masing-masing. Konsumen yang ada di Jember ada satu persatu sesuai dengan alamat yang disampaikan pada saat reservasi. Selanjutnya konsumen pun akan diantar sampai dengan lokasi yang ada di Malang Jawa Timur bahkan bisa sampai dengan pintu rumah. Tentunya layanan semacam ini lebih memudahkan penumpang untuk bepergian dibandingkan dengan jasa transportasi lain seperti bus atau kereta api yang mengharuskan untuk berjalan terlebih dahulu. Konsumen hanya perlu terima dari ketikan yang bersangkutan sama dengan alamat masing-masing. Biaya perjalanan ternyata tidaklah mahal karena konsumen hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp150.000 saja pada jurusan yang satu ini. Biaya perjalanan yang dikeluarkan oleh penumpang yang sedang dan biaya pengantaran berapa sama dengan alamat masing-masing. Selain itu kendaraan juga telah dilengkapi dengan AC,sehingga konsumen bisa lebih nyaman ketika berada di dalam kendaraan. Apabila masyarakat ingin melakukan pemesanan travel Jember Malang maka bisa langsung menghubungi Yellow Holiday sebagai solusinya. Konsumen bisa melakukan pemesanan dengan cara yang mudah Yakni dengan cara mengirimkan pesan melalui WhatsApp ke nomor telepon HP ini. Selain itu juga dapat merawat tanah dengan cara menelepon sehingga dapat berkomunikasi langsung dengan pihak yang bertugas.

    ReplyDelete
  13. Transportasi tidak dapat dipisahkan dari wisata karena transportasi dapat mendukung perjalanan sebuah tempat wisata apabila tempat wisata memiliki sarana prasarana transportasi maka wisata tersebut bisa kamu ada kemungkinannya menjadi tempat wisata yang ramai. Asalnya transportasi menjadi faktor utama Bagaimana seseorang bisa datang ke lokasi tersebut waktunya transportasi mumpuni bukan tidak mungkin masyarakat akan mudah untuk mengakses sebuah destinasi wisata. Kata transportasi banyak ditemukan di berbagai kota sehingga Konsumen tidak perlu bingung ketika mengunjungi suatu destinasi wisata. Dari arah Jogja seseorang bisa menuju ke arah Surabaya dengan adanya travel Jogja Surabaya yang mana dapat membantu seseorang untuk mengunjungi sejumlah destinasi yang ada di Jogja. Seseorang tidak perlu repot lagi karena tinggal pesan saja transportasi yang ada sehingga konsumen bisa diantar sampai dengan lokasi tujuan. Tidak perlu bingung melainkan cukup pesan saja maka kendaraan travel yang bersangkutan akan datang menjemput sesuai dengan alamat dan nanti akan mengantar sampai dengan alamat tujuan.

    ReplyDelete
  14. Masyarakat yang mau pergi ke arah Jakarta dari daerah Jogja juga tidak perlu repot karena terhadap banyak jasa transportasi yang melayani dengan jurusan yang satu ini. Usaha transportasi yang dapat dijadikan solusi berjalan adalah transportasi travel di mana travel memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak ada pada transportasi lain. Kita ketahui bahwa untuk angkutan travel melayani penjemputan dan melayani pengantaran atau dikenal dengan istilah door to door service. Satu persatu perbedaan alamat di kota asal dan nantinya Konsumen akan diantar sampai dengan alamat masing-masing jangan bandingkan alamat bahkan bisa sampai dengan depan rumah. Dengan demikian maka konsumen cukup 1 kendaraan mulai dari keberangkatan sampai dengan alamat yang dituju tanpa harus berpindah-pindah kendaraan. Oleh karenanya , kami rekomendasi agen travel ini :
    1. Travel Jogja Jakarta
    2. Travel Jogja Jakarta

    ReplyDelete